Jelang Arus Mudik Lebaran, Kakorlantas Polri Tinjau Kesiapan ASDP Merak

Diposting oleh On Friday, May 10, 2019


CILEGON, KabarXXI.Com – Guna memastikan kesiapan arus mudik jalur laut, Kakorlantas Polri, Irjen Pol Refdi Andri didampingi Asops Kapolri yang diwakili oleh Karodalops Brigjen Pol Kusharianto meninjau pelabuhan penyeberangan ASDP Merak, Jumat, 10 Mei 2019.

Kakorlantas Polri beserta rombongan tiba di Pelabuhan Merak pukul 11.40 Wib disambut oleh Wakapolda Banten Brigjend Pol Tomex Korniawan, Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo, Kapolres Cilegon AKBP Rizki A Prakoso, Kabag Ops Polres Cilegon Kompol Sujatna, KA KSKP Merak AKP Salahuddin, Kasat Lantas Polres Cilegon AKP Iwan Nurfriyanto, GM PT. ASDP Merak Solikhin, Manager Usaha PT. ASDP Merak Rudy Mahmudi, Kepala BPTD Banten Nurhadi.

Dalam kunjungannya ini Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri menyampaikan, untuk sistem ganjil genap yang akan diberlakukan di Pelabuhan Merak Banten pada saat arus mudik tahun 2019 dalam rangka untuk mengurai kemacetan kendaraan di Pelabuhan Merak hanya sebatas himbauan kepada masyarakat.

"Implementasi sistem ganjil genap pada arus mudik tahun 2019 di Pelabuhan Merak Banten, kami memastikan itu hanya baru himbauan, belum menjadi sebuah aturan resmi yang akan diberlakukan pada saat arus mudik 2019 nanti," katanya saat meninjau Pelabuhan Penyeberangan kepada awak media.

Meski demikian, lanjut Andri, keberangkatan kendaran akan tetap dimasukan sesuai dengan urutan kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Merak Banten. Kendaraan akan diarahkan ke kantung parkir hingga masuk ke dalam kapal, dan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan, Polri akan melakukan rekayasa lalu lintas di jalur menuju Pelabuhan Merak.

"Untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan hingga ke luar jalur Pelabuhan, kami akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di jalur menuju Pelabuhan Merak. Dengan diberlakukannya rekayasa lalu lintas tersebut, pengguna jalan akan patuh dengan apa yang disampaikan oleh petugas Kepolisian," ujarnya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Wibowo mengatakan, bahwa rekayasa lalu lintas akan diberlakukan apabila penumpukan kendaraan hingga mencapai jalan Cikuasa atas, dan pihaknya mengaku sudah berkordinasi dengan pengelola jalan Tol yang ada di Pintu Tol Merak Banten. 

"Rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di gerbang Pintu Tol Merak, diberlakukan sistem one way khusus untuk kendaraan yang  akan menuju pelabuhan Merak Banten. Untuk kendaraan yang akan keluar dari Pelabuhan Merak akan dialihkan ke jalur alteri (bawah) menuju pintu Tol Cilegon Barat," kata Dirlantas Polda Banten.

General Manager (GM) PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Banten, Solikhin mengatakan, pada saat H-5 diprediksikan akan terjadi arus kendaraan yang cukup besar yang terjadi dari mulai pukul 22.00 Wib hingga pukul 06.00 Wib arus kendaraan akan mengalir lebih besar dibandingkan dengan daya angkut kapal di Pelabuhan Merak. Sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya antrian kendaraan di Pelabuhan Merak.

"Kami menghimbau kepada para pemudik yang akan melalui Pelabuhan Merak agar dapat melakukan kegiatan mudik pada siang hari, agar tidak terjadi penumpukan kendaran di Pelabuhan Merak pada saat arus mudik nanti. Peran serta masyarakat juga dibutuhkan, sehinga dengan adanya kepedulian dan pengertian darai masyarakat dapat membantu mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak," ujarnya.

Solikhin mengungkapkan, jumlah kapal yang sudah siap untuk dioperasikan pada Arus Mudik dan Arus Balik Tahun 2019 nanti, sebanyak 65 kapal dengan daya angkut kendaraan 200 hingga 350 kendaraan roda 4. Sedangkan untuk kendaraan roda dua mampu menampung sebanyak 1800 kendaran. Dengan memberlakukan sebanyak 7 Dermaga yang ada di Pelabuhan Merak. (rls/red)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »