Berbekal Pengalaman, Babinsa Sidorejo Bantu Petani Basmi Hama Keong

Diposting oleh On Saturday, May 11, 2019


MADIUN, KabarXXI.Com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sidorejo, Koramil 0803/05 Wungu, Kodim 0803/Madiun, Sertu Qudori mendampingi Poktan Sri Lestari dalam rangka pemantauan dan pembasmian hama keong pada tanaman padi di lahan milik Parman, warga RT 06 RW 01, Desa Sidorejo, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), Jumat, 10 Mei 2019.

Hama Keong Mas merupakan hama yang saat ini sering membuat para petani resah. Oleh karena itu, untuk mengatasinya diperlukan ketekunan dan kegiatan rutin yang perlu dilakukan.

Para petani memerlukan cara yang tepat untuk mengatasi dan memberantas hama yang satu ini, seperti yang dijelaskan Sertu Qudori di hadapan petani, bahwa hama keong mas dapat diatasi dengan beberapa cara yang mudah tanpa biaya.

“Namun juga ada beberapa penanganan yang memerlukan biaya dalam menangani hama yang satu ini. Tergantung dengan situasi populasi keong mas yang menyerang tanaman seberapa banyaknya,” kata Sertu Qudori.

Menurutnya, terdapat beberapa tahap (cara-red) untuk mengatasi hama keong mas ini secara sederhana dan mudah, yaitu mengambil keong mas yang menempel pada tanaman pada saat dia masih bergerak aktif. Biasanya dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Hal ini perlu dilakukan secara rutin.

“Cara lain untuk mengatasi hama tanaman yang satu ini adalah dengan membiarkan predator memangsanya atau memelihara predatornya agar populasi hama keong mas ini berkurang atau hilang dari lingkungan sawah,” pungkas Sertu Qudori. (rls/red)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »