Sekda Pasaman Buka Sosialisasi Penganggaran Responsif Gender

Diposting oleh On Tuesday, April 02, 2019


PASAMAN, KabarXXl.Com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasaman, Mara Ondak membuka secara resmi Sosialisasi dan Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender Selasa, 02 Maret 2019, di gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping.

Acara sosialisasi dan pelatihan diinisiasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pasaman diikuti oleh seluruh Kepala OPD Kabupaten Pasaman selaku anggota Pokja Pengarus Utamaan Gender (PUG).

Selanjutnya, Pejabat Pengelola Perencanaan dan Anggaran masing-masing OPD serta Tim Penggerak Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Kabupaten Pasaman tahun 2019.

Di awal sambutannnya Sekda Kabupaten Pasaman mengatakan, Pemerintah Daerah diamanatkan untuk melaksanakan strategi pembangunan dengan mengintegrasikan gender menjadi satu kesatuan dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan program dan kegiatan pembangunan di daerah.

“Pelaksanaan pembangunan oleh Pemerintah Daerah, harus memberikan kesempatan dan hak-hak yang sama buat laki-laki dan perempuan agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, social, budaya, pertahanan keamanan dalam dalam mengaktualisasikan,” tambah Mara Ondak yang juga Alumni APDN Bukittinggi ini.

Menurutnya, langkah awal mewujudkan dan mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender di lingkungan Pemerintah Daerah, dengan mengakomodir isu gender mulai dari tahap perencanaan hingga penyediaan alokasi anggaran pada program dan kegiatan Pembangunan Daerah. 

“Pasca Sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan setiap OPD akan mempunyai cara pandang yang posisitif tentang isu gender dan pada gilirannya mampu merumuskan dan mewujudnyatakan isu gender dalam rencana kerja OPD setiap tahun,” pungkas Mara Ondak. 

Sebelumnya ketua pelaksana sosialisasi Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman, Choiruddin Batubara melaporkan, bahwa sosialisasi dan Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender dilaksanakan selama 1 hari.

“Kita menampilkan 3 orang narasumber yaitu, Hennaldi, S.Pi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Barat, Dra. Asri Suherti Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pasaman,” kata Kepala Bappeda yang sering dipanggil dengan sebutan Ucok ini.

Selanjutnya, narasumber dari penyelenggara Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman Choiruddin Batubara dengan judul makalah “Koordinasi Perencanaan dan Pelaksanaan PPRG di Kabupaten Pasaman”.(Ewin)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »