RSUD Lubuk Sikaping Terima kunjungan Tim Manajemen RSUD dr Sadikin Pariaman

Diposting oleh On Thursday, April 04, 2019


PASAMAN, KabarXXl.Com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar), mendapat kunjungan dari Manajemen RSUD dr.Sadikin Kota Pariaman, di Aula RSUD Lubuk Sikaping, Kamis, 04 April 2019.

Kunjungan tersebut merupakan study banding terkait program Akreditasi Rumah Sakit yang baru saja mendapatkan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) ini. Diketahui, RSUD Lubuk Sikaping berhasil meraih predikat Paripurna Bintang Lima pada bulan Januari lalu.

Direktur RSUD Lubuk Sikaping dr Young Marzuhaili menyambut baik kunjungan tim Manajemen RSUD dr. Sadikin Pariaman tersebut.

Dalam sambutannya ia menyampaikan penghargaan dan rasa terimakasih atas kunjungan dan kepercayaan RSUD dr. Sadikin Pariaman dan memilih Kabupaten Pasaman sebagai rujukan dalam melakukan study banding.

Rosben Aguswar selaku Dewan Penasehat RSUD Lubuk Sikaping dalam sambutannya mengatakan, bahwa pencapaian lulus Paripurna Bintang Lima yang merupakan peringkat tertinggi hasil kerja keras dari seluruh karyawan dengan dukungan manajemen yang ada di Rumah Sakit, dan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Pasaman. 

Selain itu, juga peran serta masyarakat, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman.

“Mereka memberikan andil yang besar dalam pencapaian paripurna ini, dan kepada rombongan manajemen RSUD dr. Sadikin Pariaman kami mengucapkan selamat datang dan terimakasih karena telah memilih RSUD Lubuk Sikaping untuk kegiatan study banding," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Amdarisman dalam sambutan menyampaikan, bahwa RSUD Lubuk Sikaping ini merupakan salah satu sentral pelayanan publik. 

“Makanya itu kita tidak puas begitu saja. Masih banyak jalan dan perjuangan yang kami lakukan demi membesarkan RSUD dalam melayani masyarakat Pasaman, karena mempertahankan lebih berat dari merebut bintang 5, dan Pemkab Pasaman di bidang Labor, dari 8 Labor se-Kabupaten/Kota, Labor kita juga mendapatkan bintang 5,” pungkasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Bakhtiar menyampaian, bahwa RSUD dr. Sadikin Pariaman memilih RSUD Lubuk Sikaping sebagai tempat study banding, karena RSUD Lubuk Sikaping merupakan RSUD yang telah melakukan survei SNARS.

Hal senada dikatakan Direktur RSUD dr. Sadikin Pariaman, dr. Hendi Putra.

“Saat ini kita tidak melaksanakan study banding, tapi kita di sini study tiru, yaitu akan meniru semua dari RSUD Lbuk Sikaping, dan untuk meniru itu pada saat ini kita membawa rombongan sebanyak 43 orang dari berbagai pokja,” ujarnya.

“Kunjungan study banding ini dilakukan karena RSUD sendiri dalam waktu dekat juga akan melakukan survey Akreditasi SNARS pada bulan Tahun ini,” ungkapnya.

Namun demikian dr Hendi Putra juga mengakui bahwa RSUD dr. Sadikin yang dipimpinnya saat ini sedang berjuang untuk berkembang, dan Direktur serta manajamennya memiliki semangat untuk berjuang untuk memberikan pelayanan sesuai Standar Nasional yang ditetapkan SNARS.

“Kita harus Akreditasi SNARS, karena kita ingin membangkitkan budaya mutu dan kepuasaan pasien, Akreditasi SNARS itu bukan untuk kepentingan marketisasi saja, tapi untuk kepentingan RS yang lebih tinggi, yaitu peningkatan mutu dan layanan pasien. Mutu itu terimplementasi dari komponen-komponen akreditasi,” tandasnya. (Ewin)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »