Hamid Heriansyah Lubis Resmi Dilantik Menjadi Sekda Kabupaten Tanggamus

Diposting oleh On Thursday, April 04, 2019


TANGGAMUS, KabarXXI.Com – Setelah tahapan demi tahapan seleksi Jabatan Tinggi Pratama dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, kini Kabupaten yang berjuluk Begawi Jejama telah resmi mempunyai Sekretaris Daerah (Sekda). 

Hamid Heriansyah Lubis resmi dilantik oleh Bupati Tanggamus, Hj Dewi Handajani menjadi Sekda Kabupaten Tanggamus, Kamis, 04 April 2019, di Aula Rupatama Sekretariat Bupati.

Turut hadir mendampingi Bupati dalam prosesi pelantikan Sekdakab Tanggamus, Wakil Bupati Tanggamus H. AM Syafii, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, Dandim Arh Inf. Anang Hasto Utomo, Kepala Kejari David P Duarsa, Kepala Pengadilan Negeri Ardhi Wiyanto, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Asisten Bupati, Staf Ahli Bupati, Kepala Inspektur Faturahman, Ketua Dekranasda Nur'aini, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Tanggamus, Kepala Badan, Kepala Bagian, serta Camat Kepala Cabang Bank Lampung, Kepala Statistik Negara Tanggamus. 

Usai prosesi pelantikan, Bupati Tanggamus menyampaikan sambutannya, bahwa Hamid Heriansyah Lubis dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama selaku Sekda Kabupaten Tanggamus menggantikan pejabat lama Andi Wijaya yang alih tugas atau mutasi ke Pemerintah Daerah Propinsi Lampung.

Proses penetapan jabatan Sekda ini merujuk pada Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) antara lain mengamanatkan bahwa untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan, dan integritas, serta persyaratan Jabatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang diiakukan secara terbuka dan kompetitif pada tingkat nasional atau antar kabupaten/kota dalam 1 Provinsi.

“Berdasarkan amanat Undang-Undang, maka saya selaku Pembina Kepegawaian berkoordinasi dengan unsur terkait membentuk Panitia Seleksi untuk selanjutnya melaksanakan tugasnya mulai dari pengumuman seleksi hingga memberikan rekomendasi terhadap calon Sekda yang memenuhi syarat sesuai peraturan yang berlaku, dan syukur alhamdulilah berkat kerjasama dan kerja keras dari Panitia Seleksi dan seluruh pihak, akhirnya pada hari ini Kabupaten Tanggamus kembali memiliki seorang Sekda definitif,” kata Bupati. 

"Saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Panitia Seleksi yang telah melaksanakan peran dan fungsinya secara baik. Sebelum saya selaku PPK menetapkan dan melantik Sekda terpilih, sesuai dengan amanat Undang-Undang, saya telah melakukan koordinasi dengan Gubernur Lampung selaku wakil Pemerintah Pusat dan telah mendapatkan jawaban melalui surat Nomor 800/982Nl.04/2019 tanggal 2 April 2019 dan telah mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-1063/KASN/4/2019 tanggal 1 April 2019 Perihal Rekomendasi Hasil Seleksi Terbuka JPT Pratama Sekda Kabupaten Tanggamus," jelas Bupati.

Bupati juga mengatakan, bahwa Sekda mempunyai peran yang sangat penting, karena Sekda berkewajiban membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan, serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya.

“Oleh karena itu, dengan fungsi yang demikian maka Sekda sesungguhnya merupakan motor penggerak organisasi pemer|ntahan daerah. Citra Pemkab Tanggamus akan sangat banyak ditentukan oleh seorang Sekda dalam melaksanakan tugasnya sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat memberikan kontribusi yang besar untuk lebih mendinamisasikan organisasi Pemkab Tanggamus. Selain harus mampu mengemban seluruh aktivitas maupun tugas-tugas administratif, juga harus terus meningkatkan kemampuan dalam menyikapi teritorial dan penyelenggaraan otonomi daerah, serta mampu berkoordinasi dan berkomunikasi secara produktif, kepada seluruh institusi, baik internal maupun eksternal,” kata Bupati menjelaskan. 

“Kita sepenuhnya harus menyadari bahwa tantangan tugas-tugas Pemkab Tanggamus di hari-hari mendatang semakin berat, terutama untuk menangani tuntutan dan harapan masyarakat, sebagaimana yang kami adopsi dari aspirasi mayoritas masyarakat. Penetapan seseorang pada suatu jabatan pada hakekatnya merupakan wujud kepercayaan dan pengakuan terhadap kredibilitas seseorang untuk menduduki jabatan tersebut. Kepercayaan dan pengakuan itu adalah merupakan suatu kehormatan yang mengandung kewajiban, tugas dan tanggung jawab. Oleh karenanya, kewajiban harus ditunaikan,” tegas Bupati. 

“Tanggung jawab harus dipikul, dan tugas harus dilaksanakan. Atas dasar itulah, Hamid Heriansyah Lubis selaku Sekda yang baru, bahwa karier saudara sebagai PNS, mulai eselon terendah sampai ke posisi sekarang, merupakan buah kerja keras saudara. Tidak semua aparatur mampu dan berkesempatan meraihnya. Untuk itu, jaga dan pelihara kehormatan yang telah saudara peroleh agar kelak dapat menjadi contoh dan tauladan bagi PNS lainnya. Hendaknya momentum pelantikan saat ini menjadi langkah awal untuk memulai pelaksanaan tugas dan memberikan segalanya yang terbaik kepada pemerintah daerah guna mendukung aktivitas pemerintah dalam menjalankan fungsinya, baik yang bersifat pelayanan, pengaturan maupun pemberdayaan serta pembaharuan," kata Bupati mengakhiri sambutannya. (Hasbuna)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »