Bawaslu Samarinda Gelar Pelatihan Saksi TPS untuk Parpol

Diposting oleh On Tuesday, April 02, 2019


SAMARINDA, KabarXXI.Com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Samarinda, Kalimantan Timur, akan menggelar pelatihan saksi untuk partai politik (parpol). Pelatihan tersebut akan berlangsung pada 5 sampai 10 April 2019 di sepuluh Kecamatan.

Komisioner Bawaslu Kota Samarinda, Imam Sutanto mengatakan, pelatihan tersebut merupakan program Bawaslu untuk meningkatkan kemampuan saksi-saksi TPS dari parpol.

"Jadi kami berharap saksi-saksi parpol dapat bekerjasama dengan KPPS, tapi bukan bekerjasama untuk melanggar aturan atau prosedur," jelasnya dalam kegiatan koordinasi yang dihadiri perwakilan Parpol di kantor Bawaslu, Selasa, 02 April 2019.

Lebih lanjut Imam mengatakan, dalam pelatihan saksi ini hanya lima parpol yang mengirimkan sata saksinya ke Bawaslu, yakni PPP, Golkar, PAN, PKS dan Berkarya.

"Yang lain sampai batas akhir 30 Maret tidak menyampaikan data saksi mereka," katanya.

Ditambahkannya, dalam pelatihan nantinya, ribuan saksi akan mendapatkan sejumlah materi terkait peraturan dan tata cara pencoblosan hingga penghitungan suara di TPS. Saksi juga akan mendapatkan buku panduan dari Bawaslu RI.

"Misalnya dalam penghitungan suara nanti bahwa surat suara Capres yang dihitung terlebih dulu, kemudian surat suara DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, lalu DPRD kabupaten/kota," imbuh Imam. (heri/red)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »