Panwaslu Kronjo Beri Klarifikasi Terkait 6 Oknum Guru yang Dipecat

Diposting oleh On Thursday, March 28, 2019


TANGERANG, KabarXXI.Com – Terkait permasalahan pemecatan 6 oknum guru di SMAN 9, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tangerang melalui Panwaslu Kronjo berikan keterangan pers kepada sejumlah media di kantornya di Jalan Ir. Sutami Kronjo Pontang RT 03/02, Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu, 27 Maret 2019.

Ke 6 mantan guru itu diperiksa setelah foto mereka viral di media sosial (medsos). Dalam foto tersebut, keenamnya memegang stiker Prabowo – Sandiaga di salah satu ruangan tempat dimana mereka mengajar.

Menurut Ketua Panwaslu Kronjo, MK Ulumudin, kasus guru honorer itu sedang dalam penanganan bersama Bawaslu Banten dan belum selesai. Dirinya juga minta kepada media untuk memahami proses pemeriksaan yang sedang berjalan.

"Terkait pemecatan itu di luar domian Panwasu. Kita menilai, perbuatan 6 oknum guru tersebut telah melanggar norma lembaga pendidikan yang harus bebas dari kepentingan politik, harus netral meski non ASN," terang Ulum kepada awak media KabarXXI.Com.

Hal senada juga disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Tangerang, Andi Irawan. Menurutnya, dalam waktu dekat ini, Kepala Sekolah SMAN 9 akan memberikan keterangan terkait masalah ini.

"Kita minta pihak sekolah memberikan pembinaan kepada pengajar untuk berhati-hati dalam mengapresiasikan pilihannya di Pilpres 2019 nanti," ungkap Andi.

Diketahui sebelumnya, akibat foto tersebut, ke 6 guru honorer itu telah dipecat. Keenamnya berinisial ARN, HN, Ka, MK, SA dan SH. Pemecatannya dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Banten, E. Kosasih Samanhudi melalui SK No. 800/082-Dindikbud/2019 tentang pencabutan penugasan guru bukan ASN pada SMAN 9 Kabupaten Tangerang tanggal 19 Maret 2019.

SK pemecatan itu dikeluarkan didasari dua hal yakni, adanya surat Kepala SMAN 9 Kabupaten Tangerang No. 800/421.3/170-SMAN 9/2019 tanggal 19 Maret 2019 tentang laporan kejadian.

Dasar kedua adalah surat Kepala Cabang Dikbud Kabupaten Tangerang No. 800/337-KCD.Tgrkab/2019 tentang rekomendasi. (J.Sianturi)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »