Lapas Kelas IIB Kota Agung Datangkan Pihak Ketiga untuk Budidaya Serai Merah

Diposting oleh On Thursday, March 28, 2019


KOTA AGUNG, KabarXXI.Com – Lapas Kelas IIB Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung, mendatangkan langsung pihak ketiga atas perintah Direktur Jenderal Pemasyarakatan untuk memonitor lahan tanah di Lapas Kota Agung dalam rangka program kegiatan budidaya serai merah atau serai wangi yang bahasa latinnya Citronela.

Ketua tim, Wahyu menerangkan, bahwa ada beberapa manfaat baik dari budidaya serai merah. Tanaman ini berjenis maha pengiri yang dapat memberikan manfaat antara lain, menghilangkan nyamuk, mengasilkan minyak yang disebut Citronela dari hasil penyulingan daun serai merah yang harga jualnya serta permintaan pangsa pasar sangat tinggi.

"Kita berharap di Lapas Kelas IIB Kota Agung ini bisa berhasil, dan saya optimis melihat kontur tanah yang sangat bagus, subur, dan baik untuk penanaman tumbuhan ini," ujar Wahyu. 

Ia juga menambahkan, mengenai tata cara penanaman, teknis perawatan, cara penyulingan, serta memberikan tata cara pengelolaannya.

Kepala Lapas Kelas IIB Kota Agung, Sohibur Rachman mengatakan, bahwa budidaya ini sangat banyak memberikan manfaat, baik dari segi penggunaan serai merah maupun dari segi bisnis.

“Mari kita simak penjelasan dari Bapak Wahyu selaku distributor langsung Serai Merah mengenai tata cara penanamannya serta pengelolaannya. Setidaknya kita bisa melihat dulu manfaat dari minyak Citronela ini. Ke depannya sambil melakukan proses penanamannya, kita akan belajar mengenai tata cara penyulingan serta pengelolaan pemasarannya. Ke depan kita akan langsung mendatangkan bibit serai merah, sesuai dengan luas tanah yang kebetulan sudah kita ukur, dan memiliki luas lebih dari 1 hektar. Ini merupakan bentuk pembinaan kepribadian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP),” ujar Sohibur Rachman.

Lapas Kelas IIB Kota Agung berharap, kegiatan ini menjadi plasma bagi petani-petani sekitar, khususnya WBP untuk mulai melihat potensi yang ada di wilayah Kota Agung, dan mampu meraup ilmu dari budidaya penanaman serai merah tersebut, dan Lapas Kota Agung bisa menjadi primadona dalam pembudidayaan serai merah dan memberikan kontribusi nyata untuk Pemasyarakatan khususnya di wilayah Tanggamus (Hasbuna)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »