Kepala SMKN 1 Kragilan: Tenaga Pendidik Honorer Sudah Sejahtera

Diposting oleh On Thursday, March 28, 2019


SERANG, KabarXXI.Com – Kepala SMKN Kragilan Kabupaten Serang, H. Untung Supiyanto mengungkapkan bahwa pendapatan guru honorer pada jenjang SMK/SMA sederajat sudah cukup sejahtera.

"Sekarang, semua guru honorer atau guru tidak tetap (GTT) sudah sejahtera dibandingkan sebelumnya," kata Untung, Rabu, 27 Maret 2019 di ruang kerjanya.
     
Pendapatan guru honorer saat ini stara upah minimum kabupaten (UMK) serang, bahkan menerima penghasilan antara Rp3,5 juta sampai Rp3,7 juta per bulan, para guru honor.
     
Padahal, pendapatan guru itu sebelumnya antara Rp300 ribu sampai Rp500 ribu per bulan juga pencairannya terkadang terlambat hingga dua sampai tiga bulan.
     
Namun, saat ini penghasilan guru honor lebih sejahtera hampir sama dengan UMK Kabupaten.
     
Peningkatan pendapatan guru honor akibat dampak penerapan sekolah gratis melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 31 Tahun 2018 Tentang Pendidikan Gratis Pada SMK/SMS dan sederajat.
     
"Kita mengapresiasi Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meningkatkan pendapatan guru honorer agar mereka hidup sejahtera," katanya menjelaskan.

Menurut Ketua MKKS SMK Kabupaten Serang itu, kehadiran guru honor tentu sangat membantu pemerintah daerah untuk menutupi kekurangan tenaga pengajar.
     
Selama ini, kekurangan guru SMK/SMA dan sederajat di Kabupaten Serang terpenuhi oleh guru honor.
     
Namun, pemerintah daerah juga perlu adanya pengangkatan guru berstatus PNS.
    
"Kami yakin kesejahteraan guru terpenuhi maka akan berdampak terhadap kualitas pendidikan," katanya menjelaskan.

Ketua Forum Guru Honorer SMKN 1 Kragilan Kabupaten Serang, Sri Wahyuni mengaku dirinya merasa tenang dan lega setelah menerima penghasilan sebesar Rp3,6 juta per bulan.
     
Pendapatan sebesar itu tentu lebih sejahtera dibandingkan sebelumnya menerima honor dari sekolah Rp500 ribu per bulan.
     
"Kami mengajar sudah bebeapa tahun ternyata pemerintah Provinsi Banten meperhatikan nasib guru honorer dengan upah cukup sejahtera," katanya.

Pelaksanaan UNBK



Sementara itu di tempat yang sama mulai hari Senin 2 Maret sampai dengan Kamis SMKN 1 Kragilan melaksankan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diikuti oleh 409 siswa dari SMKN 1 Kragilan 400 siswa, dari 5 jurusan tehnik permesinan, tehnik kendaraan ringan, tehnik komputer jaringan, OTKP dan Akuntansi. 

“Untuk SMK Asalam ada 9 siswa jurusan OTKP. Alhamdulilah pelaksanaan UNBK bejakan lancar dan sukses,” kata H. Untung didampingi Ketua Panita UNBK Supriyatna, S.Pd.

Pelaksanaan UNBK dimonitor langsung Kabid SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Oki, Kasi Kurikulum Oeng Ruslina, Pegawas KCD Halimah.

H. Untung menyampaikan rasa syukurnya karena SMKN 1 Kragilan terus berprestasi baik akademik maupun non akademik dan lulusannya siap bersaing di pasar kerja, masuk menjadi TNI dan Polri.

“Bahkan ada siswa kejuruan yang melanjutkan kuliah, dan tiap tahun ada yang diterima melalui jalur SNPTN,” ujar Untung. (JON)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »