Bupati Pasaman Buka Workshop Standarisasi Pelayanan KB 2019

Diposting oleh On Sunday, March 31, 2019


PASAMAN, KabarXXl.Com – Bupati Pasaman, H Yusuf Lubis membuka secara resmi Workshop Standarisasi pelayanan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Pasaman Tahun 2019, Kamis, 28 Maret 2019, di Aula Kantai lll Kantor Bupati Pasaman.

Kegiatan Workshop tersebut mengusung tema, “Dengan Workshop Standarisasi KB Kita Tingkatkan Mutu Pelayanan KB Berkualitas di Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Turut hadir, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar, Kepala OPD, Ketua IBI, Kepala Puskesmas, Koordinator Lapangan KB, Petugas/Bidan klinik se-Kabupaten Pasaman.

Bupati Yusuf Lubis dalam sambutannya menyampaikan, dirinya merasa bangga dan mendukung Program KB. 

“Kesehatan merupakan salah satu upaya kita bersama untuk mencapai Visi yang telah kita tetapkan yaitu terwujudnya masyarakat Pasaman yang Sejahtera, Agamais dan Berbudaya," ujarnya.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Program KB merupakan Program Nasional yang harus kita sukseskan. Masalah pengendalian pertumbuhan penduduk bukanlah persoalan yang bardiri sendiri, tapi mempunyai dampak terhadap yang lain seperti, pertumbuhan Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Ketertiban, kesempatan kerja dan Keamanan dll,” pungkasnya. 

Menurutnya, Program KB merupakan tindakan membantu pasangan suami istri menghindari kehamilan yang tidak diinginkan, mengatur interval di antara kehamilan, mengontrol waktu untuk kehamilan, serta menentukan jumlah anak dalam keluarga. 

KB juga merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam KIA (kesehatan Ibu dan Anak), metode Kontrasepsi Efektif antara lain, Pil KB, KB suntik, Implan, IUD dll. 

“KB juga diartikan sebagai pengaturan kelahiran, apalagi sekarang Pasaman ditetapkan sebagai daerah Stunting, dimana 10 Nagari di Pasaman merupakan daerah Stunting,” katanya. (Ewin)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »